Sabtu, 04 Juni 2011

Tips Mencegah Flashdisk Terinfeksi Virus Autorun.inf

Tips Mencegah Flashdisk Terinfeksi Virus Autorun.inf 
Media flashdisk yg sering kita gunakan untuk mentransfer & menyimpan data ternyata sering ditumpangi pembuat virus untuk menyebarkan virusnya. Salah satu tempat penyebaran virus yang sering kali dijumpai di media flashdisk contohnya adalah folder autorun.inf. Virus yang berada dalam root flashdisk dapat memanfaatkan file autorun.inf untuk menyebarkan virus.

Dengan adanya file autorun.inf yang ter-copykan ke root flashdisk kita, virus dapat menyebar begitu kita melakukan double klik pada icon flashdisk di My Computer. Dan apabila PC sudah terinfeksi virus, bisa anda bayangkan akibat dari virus lokal yg suka blok ini & itu melalui registry windows.

Oke...kali ini saya akan share Tips Mencegah Flashdisk Terinfeksi Virus Autorun.inf dan mungkin cara berikut ini dapat mencegah flashdisk agar tidak menjadi media penyebaran virus yg memanfaatkan file autorun.inf.
  • Buatlah sebuah folder di dalam flashdisk, dan berikan nama folder tersebut dgn nama autorun.inf. Lihat contoh gambar dibawah :

 
  • Jika muncul pesan error seperti gambar dibawah berarti flashdisk anda kemungkinan sudah terinfeksi virus autorun.inf, karena sudah terdapat file dengan nama autorun.inf didalam flasdisk tersebut.



    • Jika anda sudah berhasil membuat folder autorun.inf, Silahkan lanjut ke langkah-langkah berikut..!!
    • Kemudian didalam folder autorun.inf yang telah anda buat tadi, buatlah sebuah folder & sebuah text document dengan format (txt).
    • Setelah itu, rename folder & text document (txt) tadi dengan menggunakan/memakai huruf CJK (chinese, japan, korea)
    • Untuk memilih huruf CJK (chinese, japan, korea) yang kita inginkan buka character map dari start – all programs – accesories – system tools character map, pilih font arial unicode, atau anda boleh copy paste text berikut 遱道遾邂邅
    • Lihat pada gambar dibawah...!! Gamabar folder yang telah direname huruf CJK (chinese, japan, korea)



      • Jika anda telah me-rename, nama file & folder hanya berbentuk kotak-kotak sperti yang terlihat pada gambar diatas, kemungkinan komputer belum diinstal fonts yang mendukung huruf CJK (chinese, japan, korea).(Tidak Masalah,,hiraukan saja.....)
      • Langkah terakhir adalah memberikan attribut hidden, read only dan system (+h +r +s) kepada folder autorun.inf yang kita buat tadi...
      • Klik start – run – cmd, pindah ke drive letter flashdisk dengan mengetikkan drive letter flashdisk kita pada jendela cmd (contoh drive letter flashdisk dapat dilihat dengan membuka My Computer). Lihat gambar dibawah ini …!!




      • Pada gambar diatas drive letter flashdisk = g
      • Selesai dech...
      Ket :
      1. Menghapus file berbeda dengan menghapus folder. 
      2. Windows tidak mengijinkan pembuatan nama file+extensi yg sama dgn folder. 
      3. Didalam folder autorun.inf terdapat lagi folder dan file sehingga akan mempersulit virus. 
      4. Penggunaan huruf CJK (chinese, japan, korea) dapat mempersulit virus menghapus file atau folder karena virus yg ditulis dgn vbscricpt tidak mendukung character CJK.
      Tips diatas hanya akan memproteksi flasdisk agar tidak menjadi media penyebaran virus lebih jauh, apabila flashdisk dicolok ke komputer yg ada virusnya, kemungkinan file didalam flashdisk masih akan tetap terinfeksi. Namun akan mencegah virus membuat file autorun.inf  jika flashdisk tersebut dicolok ke komputer lain, virus tidak akan berjalan secara otomatis …
      Semoga bermanfaat …!!


      EnaL Rhay SyahRinggan Next..>>

      Artikel Terkait



      0 comments:

      Posting Komentar

      Comments Via Facebook

      | Enal | Trik-Trik Blogger | SEO Blogspot